General

Tubuhmu Kekurangan Kalsium? Bisa Jadi Karena Konsumsi 6 Makanan Penghambat Penyerapan Kalsium Berikut!

Published by:

makanan penghambat penyerapan kalsium

Setiap harinya, manusia membutuhkan kalsium sebanyak 100-1.000 mg untuk mendukung pertumbuhan tulang mereka. Itu berlaku bagi pria dan wanita yang ada di rentang usia 19-80 tahun ke atas, ya. Nah, untuk mencukupi kebutuhan tersebut, kamu bisa mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin D dan kalsium. Tapi, absorbsi kalsium dalam tubuh nggak selamanya mulus, loh. Salah satu penyebabnya adalah makanan penghambat penyerapan kalsium. Apa saja kah?

Pentingnya Kalsium Bagi Tubuh

Kalsium. Mineral makro yang satu ini amat dibutuhkan oleh tubuh, khususnya untuk penyusunan tulang dan gigi. Nggak cuma itu, kalsium juga membantu relaksasi otot, pembekuan darah serta mendukung fungsi syaraf. Kekurangan kalsium bisa bikin kamu mengalami gangguan tulang, seperti kelainan tulang (tulang berbentuk X atau O), rakhitis hingga osteoporosis.

Kalsium bisa diperoleh dari bayam, sawi serta susu dan produk olahannya, seperti yoghurt dan keju. Bila kalsium yang dibutuhkan tidak diperoleh dalam jumlah yang cukup dari makanan yang kamu konsumsi, maka tubuh akan mengambilnya dari tulangmu. Lama kelamaan, tulang bakal kekurangan kalsium dan resiko terkena penyakit tulang makin tinggi.

Makanan yang Bisa Menghambat Penyerapan Kalsium

Kamu merasa sudah mencukupi kebutuhan kalsium, tapi tubuh merasa sebaliknya? Bisa jadi kamu mengonsumsi makanan penghambat penyerapan kalsium. Kenali, yuk makanan apa saja yang mempengaruhi absorbsi kalsium dalam tubuhmu!

1. Makanan Dengan Kandungan Asam Oksalat

Asam oksalat banyak dijumpai pada buah dan sayuran hijau, salah satunya bayam. Senyawa ini dapat mengganggu proses absorbsi kalsium. Ia akan membentuk kompleks dengan kalsium, sehingga penyerapannya ke dalam tubuh menjadi susah. Asam oksalat sendiri bisa larut dalam air, sedangkan kalsium sebaliknya, tapi ia larut dalam asam.

Meskipun bayam dan sayuran hijau lainnya mengandung asam oksalat, yang mana bisa menghambat penyerapan kalsium, bukan berarti kamu harus membatasi konsumsinya. Agar manfaat kalsium dari sayuran tersebut bisa diperoleh dengan maksimal, kamu perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C, misalnya buah jeruk.

2. Makanan Yang Mengandung Asam Fitat

Senyawa yang banyak terdapat pada gandum, kacang-kacangan, biji-bijian dan polong-polongan ini termasuk kuat. Jika terkonsumsi, asam fitat bakal mengikat mineral penting, salah satunya kalsium. Sehingga, ketersediaannya untuk diserap oleh tubuh jadi berkurang.

Sama dengan asam oksalat, cara asam fitat untuk menghambat penyerapan kalsium adalah dengan membentuk kompleks yang tidak larut. Selain kalsium, senyawa tersebut juga mengganggu penyerapan mineral lainnya, seperti zat besi, zinc, magnesium dan tembaga.

3. Makanan Yang Tinggi Serat

Walaupun sangat mendukung sistem pencernaan, makanan berserat bisa mempengaruhi absorbsi kalsium, loh! Makanan tinggi serat, seperti gandum, kacang-kacangan dan apel dapat menghalangi absorbsi kalsium dari makanan lain yang kamu makan.

Sekali lagi, bukan berarti kamu nggak boleh membatasi konsumsinya, ya! Kamu tetap bisa memperoleh manfaat keduanya, kok, asal nggak dimakan secara bersamaan. Misal, kamu minum susu. Nah, beberapa jam kemudian, barulah boleh makan apel, roti gandum dan sebagainya.

4. Makanan Dengan Kandungan Phytates

Phytates menjadi makanan penghambat penyerapan kalsium berikutnya. Zat yang terkandung dalam jagung, kentang, oat, gandum hitam, brokoli dan strawberry ini mengikat kalsium di usus, sehingga tidak dapat masuk ke dalam aliran darah.

Tapi, kalau dimasak terlebih dulu, kadar phytates dalam makanan-makanan tersebut bakal berkurang dan resiko terganggunya absorbsi kalsium pun menurun. Jadi, oat yang diseduh atau kentang yang direbus sebelum dikonsumsi lebih aman untuk penyerapan kalsium.

5. Makanan Yang Tinggi Akan Protein Dan Fosfor

Protein dibutuhkan tubuh untuk mendukung perbaikan sel-sel yang rusak. Namun, di sisi lain, zat tersebut menyebabkan kalsium lebih cepat keluar dari tubuh melalui urine. Dilansir sebuah jurnal nutrisi, menyantap makanan yang tinggi akan kandungan protein dan fosfor bisa membuat kalsium dalam tubuh terkuras habis.

Kondisi ini bisa mengakibatkan hiperkalsiura, yakni kelebihan kadar kalsium dalam air kencing, yang memicu penipisan tulang. Kamu bakal rentan mengalami patah tulang hingga osteoporosis.

6. Makanan Dan Minuman Yang Mengandung Kafein

Zat yang terdapat pada akar, daun serta buah tanaman kopi, cokelat dan teh ini bila dikonsumsi secara berlebihan dapat mengurangi kepadatan tulang dan mempertinggi resiko patah tulang. Tapi, efek tersebut hanya terjadi pada orang yang kurang asupan kalsium.

Menurut dr. Robert Heaney,seorang ahli osteoporosis, lebih baik konsumsi kafein, baik dari makanan ataupun minuman dibatasi pelan-pelan. Kamu juga bisa menambahkan susu tinggi kalsium supaya kalsium yang hilang dapat digantikan.

Kekurangan kalsium bisa membuatmu rentan terkena penyakit tulang. Maka dari itu, perlu untuk mengontrol makanan yang dikonsumsi. Sebab, di antaranya ada beberapa makanan penghalang penyerapan kalsium. Jangan biarkan makanan-makanan tersebut membuat kalsium yang terserap tubuh berkurang atau bahkan hilang. Beri jeda ketika mengonsumsinya, ya!

General

5 Olahraga Untuk Mengatasi Depresi Berikut Bisa Dicoba!

Published by:

olahraga untuk mengatasi depresi

Selama ini mungkin yang kamu tahu depresi hanya dapat diatasi dengan obat-obatan dan terapi. Padahal, sebenarnya ada cara alternatif yang bisa dilakukan untuk menanggulanginya, yakni dengan berolahraga. Jangan salah, di samping sehat secara fisik, olahraga juga bakal membantumu untuk lebih sehat secara mental, loh! Apa saja olahraga untuk mengatasi depresi yang dapat dicoba? Berikut beberapa di antaranya!

Olahraga Untuk Atasi Depresi

Depresi adalah sindrom yang mempengaruhi mood atau suasana hati. Kondisi ini ditandai dengan gejala-gejala, seperti timbulnya rasa sedih, tidak bahagia dan putus asa. Orang yang memiliki sindrom ini cenderung merasa tertekan, tidak berharga hingga yang paling parah berpikir untuk melakukan bunuh diri.

Guna mengatasinya, penderita depresi bakal dianjurkan untuk mengonsumsi obat anti-depresan. Walau pun itu merupakan cara yang umum dilakukan untuk mengurangi gejala depresi, tapi para ahli percaya bahwa ada solusi lain yang tidak kalah efektif, yaitu dengan berolahraga. Nah, olahraga seperti apa yang disarankan?

1.     Lari

Siapa yang nggak suka lari? Abis melelahkan, sih! Tapi, tahu kah kamu kalo olahraga yang satu ini memiliki banyak manfaat. Antara lain, mengurangi kalori dalam tubuh, mengurangi nafsu makan, bikin tidur lebih nyenyak, menurunkan resiko penyakit jantung dan memperbaiki mood, baik selama maupun sesudahnya. Gerakan yang berulang-ulang saat kamu berlari punya efek meditatif buat otak. Sehingga, olahraga ini sangat berguna bagi kamu yang sedang mengalami depresi. Sebab, cara kerjanya mirip dengan anti-depresan.

2.     Menari

Beruntung banget kamu yang suka nari. Sebab, aktivitas ini punya efek yang positif buat kesehatan mental. Wajar, ya, kalo para penari, tuh, hidupnya jauh dari stress dan depresi, serta selalu terlihat awet muda.

Banyak, kok, gerakan tari yang dapat kamu coba, misalnya salsa, zumba atau sekadar ngikutin dance dari group idola favoritmu. Penelitian telah membuktikan bahwa mengikuti kelas menari bisa membuat rasa cemas dalam dirimu berkurang. Apalagi menari merupakan sarana berekspresi yang bakal memperkuat koneksi antara tubuh dengan pikiranmu.

3.     Yoga

Olahraga untuk mengatasi depresi berikutnya adalah yoga. Olahraga ini tergolong simple dan nggak membutuhkan banyak tenaga. Minim biaya, pula. Tapi, efeknya luar biasa, loh, bisa bikin tubuhmu jadi lebih rileks.

Berfokus pada pernapasan, olahraga tersebut amat berguna untuk kesehatan mentalmu. Saat menarik napas panjang, kecemasan yang kamu rasakan otomatis akan berkurang. Banyak, kok, penelitian yang membuktikan bahwa yoga dapat menjadi alternatif olahraga yang efektif untuk mengatasi rasa cemas, amarah, depresi dan gangguan-gangguan mental lainnya.

4.     Hiking

Pernah hiking, nggak? Aktivitas yang bisa dilakukan di alam bebas ini bermanfaat untuk mengatasi masalah depresimu, loh! Sebab, alam mempunyai efek yang menenangkan buat otak, terutama saat kamu berada di antara pepohonan. Percaya atau nggak, pepohonan bisa membantumu mengurangi rasa cemas lewat zat kimia yang dikeluarkannya.  Menurut penelitian, orang yang lebih sering berjalan-jalan di hutan punya kadar hormon stress yang lebih rendah dibandingkan mereka yang cuma berkutat di perkotaan.

5.     Strength Training

Banyak yang menganggap bahwa strength training adalah latihan kekuatan yang bertujuan untuk membentuk otot. Padahal, latihan ini juga punya efek yang kuat buat kesehatan mental, termasuk untuk mengurangi gejala kecemasan dan depresi. Selain itu, strength training juga bisa memperbaiki mood, mengurangi stress, mempermudah tidur dan meningkatkan kepercayaan diri, loh!

Olahraga untuk mengatasi depresi di atas memang bisa jadi alternatif pengobatan, selain terapi dan obat-obatan tentunya. Tapi, kamu tetap disarankan untuk berkonsultasi ke ahlinya, ya, agar memperoleh penanganan yang lebih tepat.

General

6 Manfaat Olahraga di Malam Hari yang Nggak Cuma Bikin Tidurmu Jadi Lebih Pulas, Tapi Pikiranmu Juga Jadi Lebih Jernih!

Published by:

Kapan biasanya kamu berolahraga? Di pagi hari atau sore hari kah? Atau malah jarang banget karena padatnya rutinitas di tempat kerja? Bagi pegawai kantoran yang jam kerjanya bisa dari pagi sampai malam, tentu dapat merasakan bagaimana sulitnya meluangkan waktu untuk berolahraga. Solusinya adalah dengan olahraga di malam hari, apa lagi manfaat olahraga di malam hari sangatlah banyak.

Gimana dengan weekend? Nggak sedikit yang menghabiskan waktu untuk liburan atau bersih-bersih rumah. Sehingga, tidak sempat untuk berolahraga. Terus, kapan, dong? Buat kamu yang tidak dapat menyempatkan diri untuk olahraga di pagi atau sore hari, solusinya adalah dengan melakukannya di malam hari. Jangan salah, ada banyak banget, loh, manfaat olahraga di malam hari!

Manfaat Olahraga Pada Malam Hari

Olahraga adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan. Apabila dilakukan secara rutin, olahraga membawa banyak sekali manfaat, loh! Mulai dari meningkatkan kualitas hidup, mencegah datangnya beragam penyakit, mendapatkan bentuk tubuh ideal dan menjauhkanmu dari stress.

Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya. Sebab, di pagi hari, mereka harus buru-buru berangkat ke kantor. Sedangkan di sore hari, masih berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di meja kantor. Satu-satunya cara, ya, dengan melakukan olahraga di malam hari.

Emang manfaatnya sama? Simak aja, yuk, beberapa hal positif yang dapat kamu rasakan setelah berolahraga di malam hari berikut:

1. Bikin Tidurmu Lebih Pulas

Ngerasa tidurmu kurang berkualitas atau mengalami insomnia? Kamu harus nyoba olahraga di petang hari, nih! Menurut Elite Daily, olahraga di waktu malam bisa membantu tubuh untuk menghasilkan endorfin, yakni hormon pemicu perasaan senang dan bahagia. Sehingga, rasa cemas dan stressmu bakal berkurang. Dengan begitu, tidurmu pun akan lebih pulas.

2. Tubuhmu Jadi Lebih Segar Keesokan Harinya

Berkaitan sama poin pertama, jika tidurmu berkualitas, tentu kamu bisa bangun dengan segar keesokan harinya. Pikiranmu juga bakal lebih fresh dan bebas dari kepenatan yang disebabkan oleh pekerjaan pada hari sebelumnya. Dengan pikiran yang lebih jernih, tentu kamu akan lebih semangat dalam menjalani hari esok.

3. Lebih Fokus Saat Berolahraga

Alasan kenapa banyak orang yang lebih suka olahraga di pagi adalah karena udaranya yang segar bisa bikin mereka lebih bersemangat. Tapi, buat kamu yang bekerja sebagai pegawai kantoran, tentu waktu untuk olahraganya sangat terbatas. Dengan waktu yang singkat, tentu kamu jadi nggak jenak saat melakukannya.

Kalo olahraga di malam hari, kan, kamu bisa lebih fokus. Sebab, nggak sedang tergesa-gesa untuk pergi ke suatu tempat. Sehingga, hasil yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

4. Durasi Olahraga Jadi Lebih Lama

Manfaat olahraga di malam hari yang berikutnya berkaitan dengan poin ketiga. Karena nggak diburu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan atau pergi ke kantor, kamu dapat lebih menikmati aktivitas olahraga. Kalo kamu menjalaninya dengan hati yang senang, kan, capeknya nggak begitu terasa.

5. Membuat Ototmu Lebih Cepat Terbentuk

Menurut SELF, berolahraga di malam hari bisa membantu mempercepat pembentukan otot pada tubuh. Bahkan, lebih cepat dibanding pada pagi hari, loh! Hal tersebut disebabkan karena adanya peningkatan hormon testosteron yang bisa mendorong pembentukan otot dalam waktu singkat. Jadi, buat kamu yang pengen punya bentuk tubuh nan atletis, coba, deh, olahraga di malam hari.

6. Membuat Pikiran Jauh Lebih Jernih dan Tenang

Jenuh dan stress nggak, sih, dengan jadwal kerja yang sangat padat? Nggak cuma capek secara fisik, pikiranmu pun ikutan error. Nah, kejenuhan yang kamu rasakan bisa diatasi dengan berolahraga di malam hari.

Dikutip dari Showbiz Cheat Sheet, olahraga di malam hari dapat memperbaiki suasana hatimu, loh! Sehingga, stress dan kepenatan setelah bekerja seharian bisa hilang. Pikiranmu pun jadi lebih jernih dan perasaanmu jauh lebih tenang.

Nah, sekarang udah nggak bingung lagi, kan, kapan harus berolahraga? Lakukan se-sempatnya kamu, deh! Kalo cuma punya waktu luang di malam hari, ya lakuin di malam hari aja. Toh, banyak, kan manfaat olahraga di malam hari,seperti yang dijabarkan di atas.

General

Imunisasi Dasar Lengkap Untuk Anak

Published by:

Imunisasi merupakan pondasi kekebalan yang ditanamkan pada tubuh agar terhindar dari penyakit maupun virus tertentu. Dimana imunisasi sendiri adalah pemberian berupa suntikan ke tubuh agar membentuk kekebalan di tubuh. Di Indonesia sendiri sudah ditetapkan beberapa imunisasi dasar lengkap yang harus diberikan mulai bayi baru lahir. Berikut daftar imunisasi yang wajib diberikan untuk bayi:

1. HB_0

Merupakan imunisasi yang diberikan saat anak baru lahir atau usia 0 hari di mana Imunisasi yang diberikan untuk bayi baru lahir tersebut yaitu: HB_0 (0 – 7 hari) atau Hepatitis B. HB_0. Pemberian imunisasi ini untuk mencegah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis B. serta diberikan pada bayi baru lahir hingga usianya 7 hari.

2. BCG

BCG (0 – 2 bulan) mencegah perkembangan tuberkulosis yang diberikan sampai batas usia anak 2 bulan, namun biasanya imunisasi ini diberikan bersamaan saat memberikan imunisasi HB_0. Terakhir, POLIO 1 (0 – 2 bulan) mencegah virus menular yang menyebabkan kelumpuhan. Biasanya diberikan pada usia 1 bulan pada jarak 1 bulan dari imunisasi pertama.

3. DPT-HB-Hib

Pada usia 2 – 5 Bulan ini terkadang ibu merasa khawatir saat memberikan imunisasi pada anaknya, karena reaksi dari imunisasi tersebut biasanya demam pada anak. Namun demam tersebut tidak berlangsung lama, biasanya anak akan demam selama 1 – 3 hari setelah imunisasi. Imunisasi pertama yang menimbulkan efek demam adalah DPT-HB-Hib. DPT tersebut diberikan sebanyak 3 kali pada usia 2 – 5 bulan pada jarak minimal 4 minggu (1 bulan). Fungsinya untuk mencegah penyakit difteri dan infeksi bakteri haemophilus influenza tipe B. Pemberiannya pun sudah di atur oleh dinas kesehatan agar anak tidak terlalu sering sakit saat imunisasi.

Pembagian pemberian imunisasi ialah DPT-HB-Hib 1 (2–3bulan); POLIO 2 (2–3 bulan); DPT-HB-Hib 2 (3–4 bulan); POLIO 3 (3–4 bulan); DPT-HB-Hib 3 (4–5 bulan); POLIO 4 (4–5 bulan). Biasanya dalam memberikan imunisasi, bidan atau dokter yang menyuntikan akan memberikan suntikan pada paha kaki san anak secara bergantian setiap bulannya.

Hal ini diharapkan agar anak tidak terlalu merasa nyeri di tempat yang sama setelah imunisasi, misal DPT-HB-Hib 1 disuntikan pada paha kaki anak sebelah kanan. Saat di bulan berikutnya DPT-HB-Hib 2 disuntikan pada paha kaki anak yang sebelah kiri. Untuk mengurangi rasa nyeri alangkah baiknya setelah imunisasi diberikan kompres air hangat.

4. POLIO

Selain itu pemberian imunisasi DPT-HB-Hib juga dibarengi dengan imunisasi POLIO yang juga diberikan sebanyak 3 kali pada usia ini. Pada imunisasi POLIO anak tidak akan mengalami demam sehingga ibu tidak perlu merasa khawatir, pemberian POLIO ini bersifat oral dengan cara diberikan kapsul tetes.

5. IPV

Selanjutnya IPV yang diberikan pada anak diusia 4 – 5 bulan. IPV merupakan imunisasi yang sejenis dengan imunisasi POLIO. Berbeda dengan POLIO yang diberikan dengan cara diminumkan ke anak, IPV diberikan dengan disuntikkan. Namun imunisasi ini tidak memberikan efek samping demam, IPV biasanya diberikan 4 minggu setelah imunisasi DPT-HB-Hib 3.

6. CAMPAK dan MMR

Terakhir imunisasi 9 – 24 bulan yaitu CAMPAK dan MMR (9 bulan) diberikan untuk mencegah virus campak atau cacar air, gondongan dan rubella. Setelah itu dilanjutkan pemberian imunisasi DPT-HB-Hib LANJUTAN (18 bulan) yang fungsinya sama dengan imunisasi DPT-HB-Hib sebelumnya. Terakhir adalah CAMPAK LANJUTAN (24 bulan) yang fungsinya sama dengan CAMPAK sebelumnya.

Dari keseluruhan imunisasi tersebut rata – rata diberikan rentang waktu minimal 4 minggu (1 bulan). Selain itu sakit ringan seperti batuk, pilek, dan demam dengan suhu badan rendah bukan menjadi halangan untuk diberikan imunisasi. Imunisasi dasar lengkap sebaiknya wajib berikan kepada anak agar terhindar dari penyakit maupun virus yang menular.

General

Kiat Mengatur Jadwal Olahraga Untuk Latihan Fisik Saat Sibuk

Published by:

Walau pun disibukkan oleh berbagai aktivitas, jangan sampai kamu men-skip olahraga, ya! Sebab, olahraga, tuh, penting banget, loh, buat menjaga stamina dan menyegarkan pikiran yang stress akibat tuntutan pekerjaan. Kalo badan fit terus dan nggak gampang stress, tentu suasana hatimu bakal lebih baik, bukan? Untuk itu perlu mengetahui cara mengatur jadwal olahraga agar badan tetap sehat.

Tapi, yang susah, tuh, menjadwalkannya. Apalagi buat kamu yang dari pagi sampe malem berkutat dengan deadline di kantor. Supaya tetap bisa melakukan aktivitas fisik di sela-sela rutinitas yang padat, simak, yuk, kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk di bawah ini!

1. Mengatur Jadwal Olahraga Meski Tengah Sibuk

Deadline pekerjaan menyita lebih banyak waktumu? Sampai-sampai untuk melakukan latihan fisik atau olahraga saja tidak bisa atau harus nunggu akhir pekan tiba. Padahal, olahraga yang rutin memiliki segudang manfaat, loh!

Selain yang sudah disebutkan, ketika menjalani olahraga, produksi hormon endorfin dalam tubuhmu akan meningkat. Endorfin sendiri merupakan hormon yang berguna untuk mengurangi kecemasan dan stress, sehingga bikin kamu lebih rileks serta bahagia.

Jadi, meski pun sibuk bekerja, kamu harus tetap menyisihkan waktu untuk melakukannya. Nggak bisa mengatur waktunya? Terapkan tips berikut!

2. Ubah Gaya Hidupmu

Kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk yang paling utama adalah mengubah lifestyle atau gaya hidup. Kalau sebelumnya jam tidurmu selalu ngaret, sekarang pastikan untuk tidur lebih awal. Lakukan secara konsisten dengan tidur di jam yang sama setiap harinya. Pastikan pula durasi tidurmu tidak kurang dari 7 jam per hari. Supaya badan nggak lemas pas bangun di pagi hari, kurangi lah asupan kafein.

3. Manfaatkan Aplikasi Olahraga

Sekarang jaman udah semakin canggih. Kamu bisa nemuin berbagai aplikasi keren di ponsel yang menghibur dan memperluas wawasan. Mulai dari games, latihan soal sampai aplikasi yang berguna untuk mencatat serta memantau kesuksesanmu dalam berolahraga.

Menurut penelitian, aplikasi olahraga bisa mendorong seseorang untuk lebih giat berolahraga. Apalagi fitur-fitur yang disediakan beragam. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa nentuin lokasi, jadwal hingga pelatih pribadi yang sesuai.

4. Sediakan Waktu Untuk Berolahraga di Mana Saja

Tetep nggak ada waktu buat berolahraga? Nggak usah khawatir, kamu tetap bisa mengatur jadwalnya, kok, dengan membiasakan diri berjalan kaki di mana saja. Misalnya, saat pulang-pergi kerja. Kamu dapat menggunakan transportsi umum dan berjalan kaki dari halte atau stasiun ke kantor.

Ketahui lah bahwa berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dapat membasmi lemak dan meningkatkan kekuatan ototmu, loh! Kamu pun bakal terhindar dari resiko penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Cara lainnya, yaitu dengan membiasakan untuk memakai tangga daripada lift.

5. Olahraga Sambil Melakukan Kegiatan Lain

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, olahraga, tuh, nggak harus di gym. Di mana aja bisa, nggak terkecuali di rumah. Misalnya, push up, squat atau angkat barbel sambil nonton televisi. Murah meriah, kan? Kamu nggak perlu merogoh kocek dan menghabiskan waktu di jalan buat berolahraga.

6. Mengikuti Kelas Olahraga

Suka pulang telat? Kamu dapat mengikuti kelas olahraga yang diadakan pada malam hari. Cara ini efektif untuk membuatmu lebih termotivasi buat berolahraga di tengah kesibukan. Misalnya, mengikuti kelas zumba. Gerakan olahraga tersebut melibatkan semua anggota tubuh. Rutin melakukannya bisa membuat tekanan darah dan peredaran darah ke jantung jadi stabil. Selain zumba, olahraga lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran adalah yoga dan kickboxing.

Walau pun sibuk bekerja dari pagi sampai malam hari, usahakan buat tetap berolahraga, ya! Soalnya, dengan berolahraga, kamu akan memiliki tubuh yang bugar dan terbebas dari rasa stress. Rutinitas pun jadi berjalan dengan lancar. Semoga kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk bisa membantu, ya!

General

Perhatikan Cara Menangani Depresi dengan Tai Chi

Published by:

Olahraga memiliki banyak manfaat bagi tubuh, di antaranya dapat membantu meningkatkan imunitas, menghilangkan perut buncit hingga membuatmu awet muda. Tapi, nggak banyak yang tahu kalo olahraga juga bisa memperbaiki kesehatan mental dan menaikkan mood seseorang. Berguna banget, nih, buat kamu yang tengah mengalami depresi. Ketahui cara menangani depresi dengan Tai Chi yang akan diulas di bawah ini.

Nah, salah satu jenis olahraga yang dinilai efektif untuk menyembuhkan derpresi ialah Tai Chi alias senam yang berasal dari Negeri Tirai Bambu. Apakah kita benar-benar dapat menangani depresi dengan Tai Chi? Simak penjelasan di bawah ini!

Manfaat Tai Chi Bagi Kesehatan Tubuh Secara Umum

Tai Chi atau Tai Chi Chuan merupakan latihan fisik dan peregangan ringan dari Negeri China. Latihan fisik ini meliputi beberapa gerakan santai, namun terfokus, diikuti pernapasan dalam. Tiap gerakannya dirancang tanpa jeda guna memastikan tubuhmu terus aktif.

Tai Chi berbeda, loh, dengan yoga maupun olahraga semacamnya. Sebab, yoga meliputi berbagai postur dan teknik pernapasan beserta meditasi. Kalo dipelajari dengan benar dan dipraktikkan secara rutin, Tai Chi bisa memberikan efek yang positif buat kesehatanmu, seperti meningkatkan energi dan stamina, kekuatan otot, keseimbangan, fleksibilitas dan kelincahan, mood serta mengurangi kecemasan dan depresi.

Nggak cuma itu, Tai Chi juga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan kualitas tidur, menurunkan tekanan darah, mengatasi nyeri sendi, mengurangi resiko jatuh pada orang yang telah berumur dan memperbaiki gejala gagal jantung kongesif. Akan tetapi, beberapa manfaat tambahan itu masih membutuhkan penelitian lebih lanjut.

Senam dari Negeri Tirai Bambu ini termasuk olahraga yang intensitasnya rendah, kok. Olahraga tersebut juga memberikan tekanan ringan pada sendi dan otot, sehingga aman untuk dilakukan oleh segala usia maupun tingkat kebugaran.

Dan yang paling penting, Tai Chi adalah olahraga yang murah meriah, bisa diterapkan di mana pun dan nggak memerlukan peralatan apa pun.  Kamu pun dapat melakukannya sendiri atau mengikuti kelas Tai Chi bersama banyak orang. Enak banget, kan?

Namun, khusus untuk wanita yang tengah hamil atau punya masalah kesehatan, seperti sakit punggung, nyeri sendi, patah tulang, osteoporosis parah atau hernia perlu berkonsultasi dengan dokter, ya, sebelum mencoba olahraga Tai Chi.

Tai Chi Sebagai Obat Depresi Alami

Sebuah penelitian yang melibatkan beberapa partisipan menguji apakah seseorang bisa menangani depresi dengan Tai Chi. Para partisipan diminta untuk mendalami Tai Chi secara rutin, sebanyak tiga kali seminggu selama 12 minggu. Hasilnya, di akhir penelitian gejala gangguan kecemasan dan depresi yang dialami partisipan berkurang.

Setelah dilakukan survey di tiga bulan sesudah itu, para partisipan menunjukkan kondisi mental yang stabil. Nah, dari sini lah anggapan Tai Chi mampu menjadi obat depresi alami berasal. Selain penelitian ini, ada beberapa jurnal ilmiah yang menyebutkan bahwa Tai Chi memberikan efek yang positif bagi seseorang yang memiliki kondisi psikologis, seperti stress, gangguan kecemasan hingga depresi.

Tapi, jangan hanya mengandalkan Tai Chi, ya! Walau pun berguna sebagai obat depresi alami, nggak cukup hanya menangani depresi dengan Tai Chi. Kamu tetap membutuhkan bantuan dokter untuk memperoleh penanganan yang tepat.

Maka, jika merasakan gejala-gejala depresi atau gangguan kecemasan, segera lah berkonsultasi dengan dokter agar kamu mendapatkan resep obat-obatan antidepresi atau terapi perilaku (CBT). Jangan biarkan kondisi itu semakin fatal, ya!

General

Tips Menghilangkan Rasa Lelah Seusai Bekerja Agar Tetap Sehat

Published by:

Nggak ada pekerjaan yang nggak bikin capek. Meski pun hanya duduk di depan komputer. Kecapekan seusai bekerja merupakan hal yang wajar. Rasa capek tersebut sebetulnya adalah sinyal atau respon tubuh akibat kurang istirahat. Para pekerja harus mengetahui tips menghilangkan rasa lelah seusai bekerja agar tetap sehat.

Makanya, kalo udah ngerasa demikian, segera hentikan aktivitas. Jangan memaksakan diri untuk tetap melakukannya karena hal itu malah memberikan efek negatif pada performa kerjamu. Kamu bisa menerapkan tips menghilangkan rasa lelah seusai bekerja di bawah ini supaya kesehatan tidak drop dan bisa kembali ke rutinitas seperti biasa!

1. Mengusir Rasa Lelah Usah Bekerja

Kelelahan setelah bekerja? Bisa jadi karena aktivitasmu terlalu banyak. Misalnya, mengerjakan sesuatu di luar kemampuan diri. Kelelahan juga dapat disebabkan oleh kurangnya asupan makanan, jarang berolahraga atau kondisi kesehatan tertentu, seperti anemia dan gangguan hormon.

Seperti yang telah disebutkan, ketika dilanda rasa lelah, kamu harus men-stop segala aktivitas. Kamu perlu beristirahat guna mengembalikan tenaga yang terkuras. Sebab, jika tidak, hal itu bisa menimbulkan dampak negatif, di antaranya mempengaruhi kemampuan fisik, menurunkan motivasi dan kualitas kerja, mengurangi tingkat kewaspadaan saat bekerja hingga mengganggu kesehatan mental.

Sebaiknya, lakukan tips menghilangkan rasa lelah seusai bekerja berikut ini agar performamu tetap terjaga:

2. Istirahat yang Cukup

Tips yang pertama ini sangat penting. Tentu untuk melenyapkan rasa capek sesudah bekerja adalah dengan mencukupi waktu tidur setidaknya selama 7-8 jam per hari. Dengan begitu, kamu dapat merasa segar ketika bangun keesokan paginya.

Hindari hal-hal yang bikin kamu susah tidur, termasuk penggunaan gadget. Mengoperasikan ponsel saat hendak beristirahat itu nggak baik karena bisa menyebabkan kamu sulit berhenti hingga akhirnya mengganggu pola tidurmu. Istirahatmu pun jadi nggak berkualitas.

Kalo memungkinkan, kamu juga dapat melakukan power nap, yakni tidur siang kurang lebih selama 20-30 menit di waktu istirahat. Tujuannya agar rasa kantuk dan lelahmu berkurang, sehingga kamu bisa produktif kembali sampai jam pulang tiba.

3. Penuhi Kebutuhan Air Putih

Nggak kalah penting dari poin pertama, nih! Minum air putih yang cukup dan sesuai kebutuhan bisa menjaga kadar cairan dalam tubuhmu, loh! Sehingga, kamu bakal terhindar dari dehidrasi serta kecapekan akibat bekerja seharian. Tercukupinya kebutuhan air mampu membuat konsentrasi dan kualitas kerjamu meningkat.

Tentu kamu tahu, kan, kalau anjuran minum air putih adalah 8 gelas per hari. Walau kebutuhan masing-masing orang berbeda, disesuaikan dengan kondisi tubuh dan aktivitas fisik yang dilakukan. Alternatifnya, kamu dapat mengonsumsi jus, buah yang kaya akan air atau sup saat makan siang.

4. Terapkan Pola Makan Sehat

Memenuhi porsi makan sehari-hari dengan asupan bergizi seimbang nggak cuma membantu menjaga kesehatan tubuh secara keseluruhan, namun juga mampu menghilangkan lelah yang kamu rasakan sehabis bekerja. Ada penjelasannya, loh! Menurut Harvard Medical School, menerapkan pola makan yang sehat bisa meningkatkan energi. Sehingga, rasa lelah yang timbul bakal berkurang.

Lebih baik makan dalam porsi sedikit, tapi frekuensinya lebih sering guna menstabilkan kadar gula darah. Batasi pula konsumsi lemak jahat agar resiko penyakit diabetes, jantung dan stroke bisa dicegah. Kalau kepengen ngemil, kamu bisa menyediakan camilan sehat, seperti buah-buahan dan semacamnya supaya nutrisimu tetap tercukupi.

5. Olahraga yang Rutin

Tips menghilangkan rasa lelah seusai bekerja yang berikutnya adalah rutin berolahraga. Aktivitas ini berguna untuk menambah energi dalam tubuh. Nggak hanya itu, latihan fisik juga dapat memperbaiki efisiensi organ-organ tubuh, seperti paru-paru, jantung dan otot-otot tubuh.

Kalo belum terbiasa, nggak usah ngelakuin olahraga yang terlalu berat. Cukup terapkan olahraga ringan, misalnya jalan kaki, selama 15-30 menit per hari. Kamu pun bisa mengatasi kelelahan di kantor dengan melakukan peregangan tubuh.

6. Kurangi Stress

Stress emang sulit dihindari kalo kamu dikejar-kejar deadline pekerjaan. Apalagi kalo yang satu belum selesai, udah ketambahan yang baru. Bikin kepala puyeng! Tidak cuma menimbulkan kelelahan yang nggak ada habisnya, stress yang terlambat diatasi bisa membuat kualitas pekerjaanmu menurun, loh!

Terdapat berbagai cara yang bisa kamu guna menurunkan tingkat stress saat bekerja, di antaranya dengan relaksasi, membuang pikiran-pikiran negatif serta tanggap terhadap masalah.

Kamu pun harus mampu mengatur waktu untuk refreshing atau piknik supaya nggak stress. Nggak harus jalan-jalan, kok, bisa pula dengan melakukan hal-hal yang kamu sukai, kayak mendengarkan musik, membaca buku dan sebagainya.

Nah, dengan mengikuti tips menghilangkan rasa lelah seusai bekerja di atas, tubuhmu nggak akan merasa capek setelah bekerja. Nggak cuma itu, produktivitasmu pun bakal meningkat.

General

Harus Dicoba Ini 4 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Stamina Tubuh

Published by:

Supaya bisa ngejalanin berbagai aktivitas, stamina tubuhmu harus selalu terjaga. Cara ngedapetinnya gimana? Ya, dengan olahraga secara teratur, dong. Tentunya diimbangi pula dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga dapat digunakan buat meningkatkan stamina. Tapi, ada beberapa jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh yang paling direkomendasikan. Apa aja, tuh?

1. Yoga

Banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga untuk kesehatan tubuh kita. Dengan olahraga, tubuhmu akan lebih kebal terhadap penyakit, bentuk badanmu tampak ideal dan tentu saja stamina tubuhmu bakal terjaga, sehingga bisa menjalani rutinitas dengan maksimal.

Salah satu olahraga untuk menjaga stamina tubuh adalah yoga. Olahraga yang melatih pernapasan ini akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik. Dengan demikian stamina dan kekuatan tubuh akan lebih baik pula.

2. Jogging

Siapa yang suka jogging atau lari pagi? Pasti kamu merasa lebih bugar dan nggak gampang capek, kan? Olahraga ini emang melatih fungsi paru-paru, jantung, otak dan penggunaan energi tubuh yang mempengaruhi kemampuanmu untuk beraktivitas lebih lama. Kamu yang sering jogging memiliki otot-otot yang terbiasa bergerak aktif serta organ yang mampu menyesuaikan diri dengan baik.

Buat kamu yang mau membiasakan diri untuk jogging, mulai lah dengan latihan yang intensitasnya rendah. Misal, jaraknya lebih dekat dan durasinya tidak terlalu lama. Kalau tubuhmu sudah bisa beradaptasi, tingkatkan jarak dan kecepatanmu secara bertahap.

3. Bersepeda

Jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh yang kedua adalah bersepeda. Di samping menyenangkan dan aman buat segala usia, olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otot-otot di tubuhmu, seperti otot kaki, tangan serta punggung. Kalo kamu rutin melakukannya, otot-otot tersebut bakal lebih terlatih dan nggak mudah stress. Tubuhmu juga jadi nggak gampang capek dan pegal sehabis beraktivitas.

4. Berenang

Sama dengan jogging, olahraga ini berguna untuk melatih kinerja organ paru-paru dan jantung. Ketika melakukannya, otot-otot dalam tubuhmu memerlukan banyak oksigen guna memproduksi energi lebih besar. Nah, proses pernapasan serta pembentukan energi ini lah yang bermanfaat untuk melatih fungsi jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Jika diterapkan secara rutin, tubuhmu bakal terlatih untuk menghasilkan energi lebih besar. Kamu pun jadi nggak mudah lelah dan menjalani segala aktivitas tanpa kendala.

5. Permainan

Olahraga permainan yang bagus banget buat menjaga stamina tubuh adalah bulu tangkis, basket dan tenis. Beberapa olahraga tersebut nggak hanya ngandelin ketangkasan tangan, namun juga kekuatan kaki. Kamu harus fokus membaca serangan dari lawan dan berlari ke sana kemari buat menangkap atau menangkis bola.

Kayak yang udah disebutin, jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh di atas bisa mempengaruhi kinerja organ paru-paru dan jantung dalam memasok oksigen serta energi. Selain itu, otot dalam tubuhmu juga dapat menyesuaikan stress atau tekanan dari berbagai gerakan.

Sehingga, tubuhmu pun bakal terbiasa buat ngelakuin beragam aktivitas tanpa merasa mudah lelah. Terapkan secara konsisten, ya, agar hasilnya maksimal!

General

Inilah 6 Manfaat Positif Makan Permen Karet Bagi Kesehatan

Published by:

Mengunyah permen karet dapat menjadi kegiatan yang mengasyikkan ketika kamu sedang bosan dengan sesuatu. Misal, menunggu bus di halte, melakukan perjalanan jauh dengan kendaraan umum dan sebagainya. Teksturnya yang kenyal bikin permen karet jadi favorit banyak orang, baik orang dewasa maupun anak-anak. Di samping mencegah kebosanan, ternyata ada banyak manfaat positif makan permen karet bagi kesehatan, loh!

Mengunyah permen karet sendiri, terutama yang sugar free, punya efek yang positif buat kesehatan, loh! Antara lain:

1.Bantu Jaga Kesehatan Gigi dan Mulut

American Dental Association menyarankan untuk makan permen karet bebas gula selama 20 menit seusai makan karena terbukti bisa menyingkirkan plak, mencegah gigi berlubang, melindungi lapisan enamel gigi dan meredakan radang gusi. Hal itu berkaitan dengan manfaat permen karet yang dapat memicu produksi saliva alias air liur.

Nah, air liur akan menyapu habis sisa-sisa makanan pada celah gigi, mengusir bakteri, menetralkan asam yang menyebabkan pembusukan gigi dan membawa antibodi yang mampu melawan kuman. Selain yang sugar free, kamu juga bisa mengonsumsi xylitol, mannitol, sorbitol, aspartame atau permen karet yang pemanis buatannya aman buat gigi.

Di samping gigi, mengunyah permen karet juga sangat baik untuk kesehatan mulut. Salah satu manfaatnya, yaitu membuat nafas kamu jadi lebih wangi. Beberapa jenis permen karet diketahui dapat mengurangi bakteri penyebab bau mulut.

Tak hanya itu, permen karet pun dapat mengatasi mulut kering. Ini masih berhubungan dengan manfaatnya yang bisa memicu produksi air liur. Ingat, kekurangan air liur nggak cuma bikin bibir dan tenggorokanmu kering, tapi juga menyebabkan kesulitan menelan serta sering merasa haus.

2. Menekan Nafsu Makan

Untuk mengatasi kebiasaan ngemil yang berlebihan, kamu bisa mengunyah permen karet. Permen karet, khususnya yang sugar free, termasuk salah satu camilan rendah kalori. Dengan memamahnya, bakal membantu mengerem nafsu makanmu. Ada penelitian yang membuktikannya, loh! Mereka yang membiasakan diri mengunyah permen karet biasanya makan siang dengan jumlah kalori yang lebih rendah.

Dengan demikian, nafsu makanmu jadi terkontrol. Sehingga, bertambahnya angka timbangan bisa dicegah. Tapi, agar lebih ideal, pola makan dan gaya hidup harus tetap dijaga.

3. Mengurangi Kecemasan

Manfaat positif makan permen karet bagi kesehatan berikutnya ialah mengatasi rasa cemas dan stress dengan cara mengurangi hormon kortisol yang merupakan pemicunya. Mengunyah permen karet emang mampu memberi efek menenangkan dan meredakan rasa cemas nan berlebihan. Selain itu, mengunyah permen karet juga dapat jadi pengganti dari kebiasaan-kebiasaan yang tanpa sadar kamu lakukan saat sedang stress, salah satunya menggigit kuku. Sehingga, kamu jadi lebih rileks.

4. Mencegah Refluks Asam Lambung

Refluks asam lambung merupakan sebuah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan dan mengiritasi saluran tersebut. Kondisi ini biasanya menimbulkan gejala, seperti rasa perih di perut bagian atas dan mulut terasa asam.

Tadi telah disebutkan bahwa mengunyah permen karet membantu meningkatkan produksi air liur. Jika produksinya bertambah, pH air liur akan berubah menjadi basa dan membuatmu sering menelan. Sehingga, asam lambung jadi netral dan iritasi pada kerongkongan pun dapat diminimalisir.

5. Meningkatkan Fungsi Otak

Riset telah membuktikan bahwa memamah permen karet selama beraktifitas bisa meningkatkan fungsi otak. Di antaranya, menambah daya ingat, konsentrasi, kewaspadaan, pemahaman serta pengambilan keputusan. Tapi, hal itu belum bisa dipahami secara pasti.

Akan tetapi, para ahli mempercayai bahwa kegiatan tersebut bisa meningkatkan aliran darah ke otak hingga 25-40% karena otot dan syaraf pada rahang lebih aktif. Apabila aliran darah lancar, otak bisa bekerja dengan optimal, bukan?

6. Meredakan Nyeri Telinga Saat di Pesawat

Bagi kamu yang pernah naik pesawat, tentu pernah mengalami sakit telinga akibat tekanan yang berubah ketika lepas landas dan mendarat, kan? Biasanya, orang-orang akan menyarankan untuk menguap dan mencubit hidung sembari meniup supaya telinga tidak meletup. Namun, ada cara yang lebih simple, loh, yaitu mengunyah permen karet.

Manfaat ini masih berkaitan dengan produksi air liur yang meningkat karena mengunyah permen karet. Jika air liur berlimpah, kamu akan lebih sering menelan. Sehingga, tekanan di telingamu bisa disamakan.

Walaupun manfaat positif makan permen karet bagi kesehatan ada banyak, bukan berarti jajanan tersebut tidak bisa mengundang masalah kesehatan. Jika dalam sehari kamu memamah 16 buah permen karet dengan kandungan sorbitol, maka resiko diare akan segera menanti. Dosis sorbitol yang tinggi diketahui punya efek serupa dengan laksatif atau obat pencahar.

Selain itu, terlalu sering mengunyah permen karet bisa menyebabkan masalah pada radang. Suara klik ketika kamu menggerakkannya akan bertambah parah.

General

Waspadai Gejala Infeksi Virus MERS CoV

Published by:

Corona virus sedang menjadi hot news di dunia saat ini. Saat ini virus ini tengah melanda negara China. Virus ini juga yang menyebabkan munculnya penyakit MERS CoV (Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus). Para peneliti menduga virus MERS CoV berasal dari hewan perpunuk di Timur Tengah. Gejala infeksi virus MERS CoV bahkan hampir tidak terlihat.

Pengertian Middle East Respiratory Syndrome Coronavirus (MERS CoV)

Penyakit yang sering disebut dengan sindrom pernapasan Timur Tengah ini merupakan infeksi virus pada oaru-paru yang disebabkan oleh virus corona. MERS CoV pertama kali muncul pada tahun 2012 di Arab Saudi dengan tingkat kematian 36%. Pada tahun 2015 lalu, Korea Selatan juga terjangkit penyakit ini dengan 35 kasus kematian.

Meskipun keadaan yang mencekam dengan persentasi kematian hingga 36% pada orang yang terinveksi, tidak usah khawatir. Penyakit ini tidak akan menyebar atau menular jika tidak ada kontak langsung dengan orang atau sumber asal virus tersebut. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui gejala infeksi virus MERS CoV agar bisa menghindari penyakit ini.

Sumber Virus MERS CoV

Virus MERS termasuk jenis virus zoonosis atau virus yang bersumber dari hewan kemudian ditularkan ke manusia. Untuk kasus di Timur Tengah, beberapa ilmuwan yang mengadakan penelitian menyebutkan bahwa manusia bisa tertular virus ini karena melakukan kontak langsung maupun tidak dengan hewan. Hewan yang dimaksudkan pada kasus ini adalah unta yang sudah terinfeksi.

Virus MERS CoV banyak ditemukan di beberapa negara bagian di Timur Tengah, Asia Selatan dan Afrika. Meskipun belum jelas asal mulanya, namun hasilnya dapat dilihat dari Analisa virus genome yang dilakukan oleh para ilmuwan. Mereka berpendapat bahwa  ada kemungkinan virus ini berasal dari kelelawar yang kemudian ditularkan ke unta.

Gejala Orang Terjangkit Virus MERS

Orang yang mengalami infeksi virus MERS CoV kadang tidak terlihat atau samar. Gejala infeksi virus MERS CoV biasanya akan muncul setelah periode inkubasi. Dalam rentan waktu kurang dari 5 hari masa inkubasi, pasien akan memperlihatkan tanda-tanda yang jelas. Berikut ini beberapa gejala yang dialami orang yang tejangkit virus MERS CoV.

1. Demam

Dalam masa inkubasi yang waktunya kurang dari 5 hari, pasien akan mengalami demam. Ini merupakan gejala awal dan paling umum terjadi pada pasien yang terjangkit virus MERS CoV. Demam ini akan berlangsung beberapa hari selama proses inkubasi.

2. Batuk

Selain demam, pasien dengan gejala infeksi virus MERS CoV akan mengalami batuk. Pasien akan menderita batuk disertai demam selama masa inkubasi. Karena virus ini bisa menyebar melalui air liur, maka sebaiknya penuhi etika saat batuk yaitu menutup mulut.

3. Napas Pendek

Gejala lain yang muncul saat seseorang terinfeksi virus MERS CoV adalah mengalami napas pendek atau gangguan pernapasan. Biasanya pasien akan mulai mengalami gangguan pernapasan pada 1 minggu masa inkubasi dilakukan. Apabila lambat ditangani maka bisa saja kondisi ini akan menyebabkan gagal pernapasan bahkan kematian.

4. Diare dan Mual atau Muntah

Gejala yang satu ini tidak umum dialami oleh pasien yang terjangkit virus MERS CoV. Tetapi beberapa orang yang terinfeksi virus MERS CoV mengeluh mengalami gejala tersebut. Diare, mual atau muntah ini kadang disertai peningkatan suhu tubuh.

Meskipun gejala infeksi virus MERS CoV hampir serupa dengan gejala infeksi virus pada umumnya, orang-orang tetap harus waspada. Rajinlah melakukan pemeriksaan kesehatan agar hal-hal tersebut bisa teridentifikasi. Keterlambatan penanganan terhadap penyakit MERS CoV bisa menimbulkan komplikasi seperti gagal jantung, pneumonia bahkan kematian.