General

Hujan Mengguyur Indonesia, Waspadai Penyakit Musim Hujan Ini

Memasuki musim hujan, banyak jenis penyakit yang bermunculan. Hal ini karena virus yang berkembang dengan cepat di daerah lembab. Apalagi hujan yang terus terjadi belakangan ini membuat perkembangan virus semakin pesat. Tubuh yang memiliki daya imun yang lemah rawan terserang penyakit musim hujan.

Penyakit Yang Umum Saat Musim Hujan Tiba

Maraknya penyakit yang muncul saat musim hujan membuat semua orang waspada. Penyakit musim hujan ini menyerang manusia tanpa kenal usia dan jenis kelamin. System imunisasi yang rendah membuat tubuh rentan terjangkit penyakit. Berikut ini akan dipaparkan jenis penyakit yang umum saat musim hujan tiba.

1. Flu atau Influenza

Flu merupakan salah satu penyakit musim hujan yang sangat umum terjadi. Penyebaran penyakit yang berasal dari virus influenza ini dapat menyebar melalui bersin, bersentuhan langsung dengan benda yang terkontaminasi virus influenza dan batuk.
Walaupun penyakit ini bisa sembuh dengan sendirinya, namun tetap harus diwaspadai penyebarannya. Beberapa orang yang menderita penyakit ini dapat menyebabkan kompilasi dan menimbulkan penyakit lain seperti pneumonia. Penyakit ini tentunya lebih parah dibandingkan penyakit flu.

2. Diare

Penyakit yang umum muncul saat musim hujan tiba adalah penyakit diare. Ciri utama orang yang tejangkit penyakit ini yaitu mengalami masalah saat pembuangan. Feses akan menjadi lebih cair dan terjadi dalam frekuensi yang lebih sering dari biasanya.
Ada beberapa bakteri yang menjadi penyebab penyakit ini diantaranya bakteri E coli, rotavirus, cryptosporidium, shigella dan lain-lain. Diare juga memiliki tingkatan yang beragam, mulai dari yang ringan dan bersifat sementara, bahkan sampai pada tingkat berbahaya.

3. Tipes atau Demam Tifoid

Penyakit yang lumayan berbahaya ini sangat sering muncul saat musim hujan tiba. Tipes atau biasa juga disebut sebagai demam tifoid ini merupakan penyakit menular. Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella Parathypi.
Jenis penyakit ini bisa menyebar melalui makanan dan minuman yang sudah terkontaminasi oleh virus Salmonella Parithypi. Penangangan terhadap penyakit tipes harus dilaksanakan secepat mungkin agar tidak menimbulkan kompilasi penyakit lain. Penyakit yang timbul seperti pneumonia, miokarditis, gagal jantung, pleurtis bahkan bisa menyebabkan kematian.

4. DBD atau Demam Berdarah Dengue

Penyakit musim hujan selanjutnya adalah Demam Berdarah Dengue. DBD jenis penyakit menular ini disebabkan oleh nyamuk Aedes Aegypti. Sering disebut sebagai penyakit break-bone, penyakit demam berdarah kadang kala menimbulkan nyeri pada sendi dan otot.
Pada tingkat yang lebih parah, penyakit ini dapat menyebabkan permasalahan yang serius. pendarahan yang sangat serius. Masalah yang sering muncul adalah shock, pendarahan yang sangat serius, dan yang paling berbahaya adalah menghilangkan nyawa.

5. Lepstopirosis atau Kencing Tikus

Penyakit musim hujan yang terkenal dengan nama kencing tikus ini sangat sering terjadi pada musim hujan khususnya di indonesia. Kencing tikus muncul karena adanya bakteri Leptospira Interrogans yang berbentuk spiral. Seseorang yang terjangkit penyakit ini karena sering menyentuh air atau tanah yang basah atau lembab.
Selain itu, terkena urin binatang yang sudah terjangkit bakteri Leptospira Interrogans juga akan membuat orang tersebut menderita penyakit ini. Binatang yang sering menularkan penyakit ini yaitu tikus, sapi, anjing, babi, hewan amfibi dan repti. Gejala umum dari penyakit ini adalah, sakit kepala disertai demam tinggi, mual, menggigil, sakit perut, dan mata merah.

6. Malaria

Penyakit musim hujan yang terakhir adalah malaria. Jenis penyakit yang berbahaya ini disebabkan oleh nyamuk yang menularkan parasite plasmodium kepada manusia. Malaria banyak terjadi pada musim hujan dan akan tetap berlanjut meskipun musim hujan behenti. Penyakit ini jika tidak ditangani dapat menghilangkan nyawa penderitanya.

Itulah beberapa penyakit musim hujan yang umum terjadi saat musim hujan tiba, khususnya di Indonesia. Meningkatkan system imunisasi tubuh menjadi salah satu kunci agar tidak terjangkit penyakit ini. Selain itu, menjaga kebersihan rumah juga merupakan usaha yang sangat baik untuk menghindari penyakit.