General

Kiat Mengatur Jadwal Olahraga Untuk Latihan Fisik Saat Sibuk

Walau pun disibukkan oleh berbagai aktivitas, jangan sampai kamu men-skip olahraga, ya! Sebab, olahraga, tuh, penting banget, loh, buat menjaga stamina dan menyegarkan pikiran yang stress akibat tuntutan pekerjaan. Kalo badan fit terus dan nggak gampang stress, tentu suasana hatimu bakal lebih baik, bukan? Untuk itu perlu mengetahui cara mengatur jadwal olahraga agar badan tetap sehat.

Tapi, yang susah, tuh, menjadwalkannya. Apalagi buat kamu yang dari pagi sampe malem berkutat dengan deadline di kantor. Supaya tetap bisa melakukan aktivitas fisik di sela-sela rutinitas yang padat, simak, yuk, kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk di bawah ini!

1. Mengatur Jadwal Olahraga Meski Tengah Sibuk

Deadline pekerjaan menyita lebih banyak waktumu? Sampai-sampai untuk melakukan latihan fisik atau olahraga saja tidak bisa atau harus nunggu akhir pekan tiba. Padahal, olahraga yang rutin memiliki segudang manfaat, loh!

Selain yang sudah disebutkan, ketika menjalani olahraga, produksi hormon endorfin dalam tubuhmu akan meningkat. Endorfin sendiri merupakan hormon yang berguna untuk mengurangi kecemasan dan stress, sehingga bikin kamu lebih rileks serta bahagia.

Jadi, meski pun sibuk bekerja, kamu harus tetap menyisihkan waktu untuk melakukannya. Nggak bisa mengatur waktunya? Terapkan tips berikut!

2. Ubah Gaya Hidupmu

Kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk yang paling utama adalah mengubah lifestyle atau gaya hidup. Kalau sebelumnya jam tidurmu selalu ngaret, sekarang pastikan untuk tidur lebih awal. Lakukan secara konsisten dengan tidur di jam yang sama setiap harinya. Pastikan pula durasi tidurmu tidak kurang dari 7 jam per hari. Supaya badan nggak lemas pas bangun di pagi hari, kurangi lah asupan kafein.

3. Manfaatkan Aplikasi Olahraga

Sekarang jaman udah semakin canggih. Kamu bisa nemuin berbagai aplikasi keren di ponsel yang menghibur dan memperluas wawasan. Mulai dari games, latihan soal sampai aplikasi yang berguna untuk mencatat serta memantau kesuksesanmu dalam berolahraga.

Menurut penelitian, aplikasi olahraga bisa mendorong seseorang untuk lebih giat berolahraga. Apalagi fitur-fitur yang disediakan beragam. Dengan aplikasi tersebut, kamu bisa nentuin lokasi, jadwal hingga pelatih pribadi yang sesuai.

4. Sediakan Waktu Untuk Berolahraga di Mana Saja

Tetep nggak ada waktu buat berolahraga? Nggak usah khawatir, kamu tetap bisa mengatur jadwalnya, kok, dengan membiasakan diri berjalan kaki di mana saja. Misalnya, saat pulang-pergi kerja. Kamu dapat menggunakan transportsi umum dan berjalan kaki dari halte atau stasiun ke kantor.

Ketahui lah bahwa berjalan kaki setidaknya 30 menit sehari dapat membasmi lemak dan meningkatkan kekuatan ototmu, loh! Kamu pun bakal terhindar dari resiko penyakit jantung, stroke dan sebagainya. Cara lainnya, yaitu dengan membiasakan untuk memakai tangga daripada lift.

5. Olahraga Sambil Melakukan Kegiatan Lain

Seperti yang disebutkan pada poin sebelumnya, olahraga, tuh, nggak harus di gym. Di mana aja bisa, nggak terkecuali di rumah. Misalnya, push up, squat atau angkat barbel sambil nonton televisi. Murah meriah, kan? Kamu nggak perlu merogoh kocek dan menghabiskan waktu di jalan buat berolahraga.

6. Mengikuti Kelas Olahraga

Suka pulang telat? Kamu dapat mengikuti kelas olahraga yang diadakan pada malam hari. Cara ini efektif untuk membuatmu lebih termotivasi buat berolahraga di tengah kesibukan. Misalnya, mengikuti kelas zumba. Gerakan olahraga tersebut melibatkan semua anggota tubuh. Rutin melakukannya bisa membuat tekanan darah dan peredaran darah ke jantung jadi stabil. Selain zumba, olahraga lain yang bermanfaat untuk meningkatkan kebugaran adalah yoga dan kickboxing.

Walau pun sibuk bekerja dari pagi sampai malam hari, usahakan buat tetap berolahraga, ya! Soalnya, dengan berolahraga, kamu akan memiliki tubuh yang bugar dan terbebas dari rasa stress. Rutinitas pun jadi berjalan dengan lancar. Semoga kiat mengatur jadwal olahraga meski sedang sibuk bisa membantu, ya!