Natur Spirit » Blog Archives

Tag Archives: manfaat olahraga di malam hari

General

6 Manfaat Olahraga di Malam Hari yang Nggak Cuma Bikin Tidurmu Jadi Lebih Pulas, Tapi Pikiranmu Juga Jadi Lebih Jernih!

Published by:

Kapan biasanya kamu berolahraga? Di pagi hari atau sore hari kah? Atau malah jarang banget karena padatnya rutinitas di tempat kerja? Bagi pegawai kantoran yang jam kerjanya bisa dari pagi sampai malam, tentu dapat merasakan bagaimana sulitnya meluangkan waktu untuk berolahraga. Solusinya adalah dengan olahraga di malam hari, apa lagi manfaat olahraga di malam hari sangatlah banyak.

Gimana dengan weekend? Nggak sedikit yang menghabiskan waktu untuk liburan atau bersih-bersih rumah. Sehingga, tidak sempat untuk berolahraga. Terus, kapan, dong? Buat kamu yang tidak dapat menyempatkan diri untuk olahraga di pagi atau sore hari, solusinya adalah dengan melakukannya di malam hari. Jangan salah, ada banyak banget, loh, manfaat olahraga di malam hari!

Manfaat Olahraga Pada Malam Hari

Olahraga adalah salah satu bagian dari gaya hidup sehat yang tidak boleh dilewatkan. Apabila dilakukan secara rutin, olahraga membawa banyak sekali manfaat, loh! Mulai dari meningkatkan kualitas hidup, mencegah datangnya beragam penyakit, mendapatkan bentuk tubuh ideal dan menjauhkanmu dari stress.

Akan tetapi, tidak semua orang mempunyai waktu yang cukup untuk melakukannya. Sebab, di pagi hari, mereka harus buru-buru berangkat ke kantor. Sedangkan di sore hari, masih berkutat dengan pekerjaan yang menumpuk di meja kantor. Satu-satunya cara, ya, dengan melakukan olahraga di malam hari.

Emang manfaatnya sama? Simak aja, yuk, beberapa hal positif yang dapat kamu rasakan setelah berolahraga di malam hari berikut:

1. Bikin Tidurmu Lebih Pulas

Ngerasa tidurmu kurang berkualitas atau mengalami insomnia? Kamu harus nyoba olahraga di petang hari, nih! Menurut Elite Daily, olahraga di waktu malam bisa membantu tubuh untuk menghasilkan endorfin, yakni hormon pemicu perasaan senang dan bahagia. Sehingga, rasa cemas dan stressmu bakal berkurang. Dengan begitu, tidurmu pun akan lebih pulas.

2. Tubuhmu Jadi Lebih Segar Keesokan Harinya

Berkaitan sama poin pertama, jika tidurmu berkualitas, tentu kamu bisa bangun dengan segar keesokan harinya. Pikiranmu juga bakal lebih fresh dan bebas dari kepenatan yang disebabkan oleh pekerjaan pada hari sebelumnya. Dengan pikiran yang lebih jernih, tentu kamu akan lebih semangat dalam menjalani hari esok.

3. Lebih Fokus Saat Berolahraga

Alasan kenapa banyak orang yang lebih suka olahraga di pagi adalah karena udaranya yang segar bisa bikin mereka lebih bersemangat. Tapi, buat kamu yang bekerja sebagai pegawai kantoran, tentu waktu untuk olahraganya sangat terbatas. Dengan waktu yang singkat, tentu kamu jadi nggak jenak saat melakukannya.

Kalo olahraga di malam hari, kan, kamu bisa lebih fokus. Sebab, nggak sedang tergesa-gesa untuk pergi ke suatu tempat. Sehingga, hasil yang kamu dapatkan juga lebih maksimal.

4. Durasi Olahraga Jadi Lebih Lama

Manfaat olahraga di malam hari yang berikutnya berkaitan dengan poin ketiga. Karena nggak diburu waktu untuk menyelesaikan pekerjaan atau pergi ke kantor, kamu dapat lebih menikmati aktivitas olahraga. Kalo kamu menjalaninya dengan hati yang senang, kan, capeknya nggak begitu terasa.

5. Membuat Ototmu Lebih Cepat Terbentuk

Menurut SELF, berolahraga di malam hari bisa membantu mempercepat pembentukan otot pada tubuh. Bahkan, lebih cepat dibanding pada pagi hari, loh! Hal tersebut disebabkan karena adanya peningkatan hormon testosteron yang bisa mendorong pembentukan otot dalam waktu singkat. Jadi, buat kamu yang pengen punya bentuk tubuh nan atletis, coba, deh, olahraga di malam hari.

6. Membuat Pikiran Jauh Lebih Jernih dan Tenang

Jenuh dan stress nggak, sih, dengan jadwal kerja yang sangat padat? Nggak cuma capek secara fisik, pikiranmu pun ikutan error. Nah, kejenuhan yang kamu rasakan bisa diatasi dengan berolahraga di malam hari.

Dikutip dari Showbiz Cheat Sheet, olahraga di malam hari dapat memperbaiki suasana hatimu, loh! Sehingga, stress dan kepenatan setelah bekerja seharian bisa hilang. Pikiranmu pun jadi lebih jernih dan perasaanmu jauh lebih tenang.

Nah, sekarang udah nggak bingung lagi, kan, kapan harus berolahraga? Lakukan se-sempatnya kamu, deh! Kalo cuma punya waktu luang di malam hari, ya lakuin di malam hari aja. Toh, banyak, kan manfaat olahraga di malam hari,seperti yang dijabarkan di atas.