Natur Spirit » Blog Archives

Tag Archives: Olahraga Untuk Menjaga Stamina Tubuh

General

Harus Dicoba Ini 4 Jenis Olahraga Untuk Menjaga Stamina Tubuh

Published by:

Supaya bisa ngejalanin berbagai aktivitas, stamina tubuhmu harus selalu terjaga. Cara ngedapetinnya gimana? Ya, dengan olahraga secara teratur, dong. Tentunya diimbangi pula dengan gaya hidup dan pola makan yang sehat.

Pada dasarnya, semua jenis olahraga dapat digunakan buat meningkatkan stamina. Tapi, ada beberapa jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh yang paling direkomendasikan. Apa aja, tuh?

1. Yoga

Banyak manfaat yang diberikan oleh olahraga untuk kesehatan tubuh kita. Dengan olahraga, tubuhmu akan lebih kebal terhadap penyakit, bentuk badanmu tampak ideal dan tentu saja stamina tubuhmu bakal terjaga, sehingga bisa menjalani rutinitas dengan maksimal.

Salah satu olahraga untuk menjaga stamina tubuh adalah yoga. Olahraga yang melatih pernapasan ini akan membuat sistem pernapasan menjadi lebih baik. Dengan demikian stamina dan kekuatan tubuh akan lebih baik pula.

2. Jogging

Siapa yang suka jogging atau lari pagi? Pasti kamu merasa lebih bugar dan nggak gampang capek, kan? Olahraga ini emang melatih fungsi paru-paru, jantung, otak dan penggunaan energi tubuh yang mempengaruhi kemampuanmu untuk beraktivitas lebih lama. Kamu yang sering jogging memiliki otot-otot yang terbiasa bergerak aktif serta organ yang mampu menyesuaikan diri dengan baik.

Buat kamu yang mau membiasakan diri untuk jogging, mulai lah dengan latihan yang intensitasnya rendah. Misal, jaraknya lebih dekat dan durasinya tidak terlalu lama. Kalau tubuhmu sudah bisa beradaptasi, tingkatkan jarak dan kecepatanmu secara bertahap.

3. Bersepeda

Jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh yang kedua adalah bersepeda. Di samping menyenangkan dan aman buat segala usia, olahraga ini bermanfaat untuk meningkatkan kinerja otot-otot di tubuhmu, seperti otot kaki, tangan serta punggung. Kalo kamu rutin melakukannya, otot-otot tersebut bakal lebih terlatih dan nggak mudah stress. Tubuhmu juga jadi nggak gampang capek dan pegal sehabis beraktivitas.

4. Berenang

Sama dengan jogging, olahraga ini berguna untuk melatih kinerja organ paru-paru dan jantung. Ketika melakukannya, otot-otot dalam tubuhmu memerlukan banyak oksigen guna memproduksi energi lebih besar. Nah, proses pernapasan serta pembentukan energi ini lah yang bermanfaat untuk melatih fungsi jantung dan meningkatkan kapasitas paru-paru.

Jika diterapkan secara rutin, tubuhmu bakal terlatih untuk menghasilkan energi lebih besar. Kamu pun jadi nggak mudah lelah dan menjalani segala aktivitas tanpa kendala.

5. Permainan

Olahraga permainan yang bagus banget buat menjaga stamina tubuh adalah bulu tangkis, basket dan tenis. Beberapa olahraga tersebut nggak hanya ngandelin ketangkasan tangan, namun juga kekuatan kaki. Kamu harus fokus membaca serangan dari lawan dan berlari ke sana kemari buat menangkap atau menangkis bola.

Kayak yang udah disebutin, jenis olahraga untuk menjaga stamina tubuh di atas bisa mempengaruhi kinerja organ paru-paru dan jantung dalam memasok oksigen serta energi. Selain itu, otot dalam tubuhmu juga dapat menyesuaikan stress atau tekanan dari berbagai gerakan.

Sehingga, tubuhmu pun bakal terbiasa buat ngelakuin beragam aktivitas tanpa merasa mudah lelah. Terapkan secara konsisten, ya, agar hasilnya maksimal!